Minggu, 26 Februari 2017

Buah mengkudu dan Khasiatnya

http://wittewaterlelie-bloesemremedies.blogspot.com/
Mengkudu, Pace ( Morinda Citrifolia ) merupakan jenis tanaman berbentuk pohon, batang bercabang-cabang, daun lonjong, agak tebal, permukaan atas mengkilat, tangkai pendek, duduk daun saling berhadapan.Buah buni majemuk, bentuk bulat sampai bulat telur, bagian permukaan berbenjol-benjol, jika sudah masak berwarnah putih keruh kekuningan, banyak mengandung air, biji banyak, berwarna cokelat.

Tanaman ini dapat tumbuh di dataran yang rendah sampai dengan ketinggian 500 m dpl.Banyak tumbuh liar di berbagai tempat, diladang, hutan, di kebun kopi sebagai tanaman pelindung, dan di kebun lada sebagai tanaman rambatan.Perkembangbiakan tanaman ini menggunakan biji atau cangkok.


  • Tanaman ini banyak memiliki khasiat obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, menjadi alternatif sebagai obat herbal untuk  mengobati penyakit baik yang ringan sampai penyakit yang berat, beberapa khasiat mengkudu dapat Anda lihat dibawah ini :
  • Antioksidan yang terkandunga dalam buah mengkudu dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari radikal bebas.
  • Sel - sel kanker dalam tubuh dapat dicegah penyebarannya
  • Mampu mencegah tumbuhnya sel tumor
  • Mengatasi masalah kesehatan seperti batu, demam, dan sakit perut
  • Dapat diandalkan sebagai pereda nyeri
  • Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bila mengkudu memiliki sifat antibakteri yang artinya dapat membunuh bakteri merugikan dalam tubuh secara alami
  • Mengatasi masalah hipertensi
  • Mengatasi radang dan alergi
  • Memperbaiki sel dan mengatur fungsinya
  • Membantu proses regenerasi sel dan mengambat penuaan dini
  • Pereda batuk, sariawan, menghilangkan lembap, meningkatkan kekuatan tulang, peluruh kencing, peluruh hadi, pembersih darah, anti kanker, pembasmi cacing, anti kuman dan pelembut kulit.

Berikut cara pemakaian buah mengkudu sesuai dengan penyakit yang di derita

Batuk karena masuk angin
Parut buah mengkudu masak ( 2-3 buah ). Peras dan saring dengan sepotong kain. tambahkan gula batu secukupnya sambil di aduk rata. Minum sekaligus. lakukan dua kali sehari.

Batuk
Parut buah megkudu masak ( 2 buah ). Peras dan saring dengan sepotong kain. Tambahkan 3 sendok makan air masak, satu sendok teh cuka, dan seujung sendok teh garam sambil diaduk rata. Minum sehari 3 kali 2 sendok makan.

Batuk Rejan
Cuci buah mengkdud masak ( 1 buah ), daun dewa ( 6 lembar ), daun jinten ( 10 lembar ), dan daun sambiloto ( 7 lembar ), semua bahan segar. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, disaring. Minum sekaligus. Ampas bisa di rebus sekali lagi untuk di minum pada sore hari.

Sariawan

  1. Cuci buah mengkudu masak ( 3 buah ), pisang batu yang sudah masak ( 3 buah ) yang diambil isinya, pisang batu mentah ( 4 buah ) yang diiris bersama kulitnya. Tumbuk bahan-bahan sampai halus. Peras dengan sepotong kain. Masukkan air hasil perasan ke dalam gelas dan embunkan semalam. Minum sekaligus pada pagi hari. lakukan setiap hari sampai sembuh.
  2. Cuci buah mengkudu masak ( 2 buah ), lalu parut. tambahkan air masak ( 2 sendok makan ) dan madu murni ( 1 sendok makan ) peras dan saring sengan sepotong kain halus. Minum air hasil perasan sekaligus. Lakukan 3 kali sehari.


Sakit Perut, Sakit pinggang karena masuk angin, badan sakit pasca melahirkan
Oleskan minyak kelapa pada daun mengkudu segar ukuran besar. Layukan di atas api. Ikat pada perut atau pinggang yang sakit saat masih hangat.

Catatan : 
Jus mengkudu jangan diberikan pada orang yang menjalani diet rendah kalium ( potasium ). Jika jus mengkudu diminum penderita gagal ginjal kronik akan menyebabkan jumlah kalium di dalam darah akan meningkat.

Masih banyak lagi manfaat buah mengkudu seperti yang dijelaskan oleh beberapa sumber seperti menurunkan kolesterol dan melancarkan buang air besar. Jika Anda ingin mencoba sensasi mengkonsumsi mengkudu segar dapat mengolahnya menjadi minuman jus. Untuk meningkatkan kemampuannya dapat diberi tambahan madu secukupnya. Perlu kita ketahui bahwa madu dapat meningkatkan efek pengobatan dan mempercepat proses jalannya obat masuk ke dalam sel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar