Sabtu, 25 Februari 2017

Khasiat Tanaman Andong

http://wittewaterlelie-bloesemremedies.blogspot.com/
Tanaman Andong termasuk kedalam salah satu jenis tanaman perdu yang juga di golongkan dalam kelompok suku bawang-bawangan. Tanaman ini sangat cocok tumbuh dan memiliki habitat di daerah dataran rendah, hingga ketinggian 1.900 dari permukaan laut.


Lebih spesifik lagi Andong memiliki panjang 2 hingga 4 meter tegak lurus, tanaman ini jarang bercabang, berdaun tunggal dengan warna daunnya merah muda hingga kecoklatan. Letak daunnya tersebar dan berkumpul diujung batangnya dengan letak yang khas berjejal dan tersusun spiral roset batang. Helaian daun Andong ini bentuknya panjang lanset dengan ukuran 20-60 cm dan lebarnya 5-13 cm. Ujung pangkal dari daun andong tepinya rata, runcing, pertulangan daun menyirip dan tangkai daunnya menyerupai talang. Sedangkan Bunga dari tanaman andong majemuk berbentuk malai, bunganya keluar melalui ketika daengan ukuran mencapai 30 cm. bunganya memiliki warna yang cantik hijau keunguan dan merah muda. Sedangkan buah andong di kenal dengan nama buni, bentuknya bulat menyerupai bola dengan warna khas merah mengkilap dan bijinya berwarna hitam. Budidaya tanaman ini di kembangbiakkan dengan cara stek atau dengan pemisahan tunas.

Kegunaan dan Manfaat Andong
Dapat menyembuhkan batuk darah, disentri, haid terlalu banyak, wasir berdarah.

Ramuan dan Takaran untuk batuk darah, haid terlalu banyak. Ambil daun andong segar sebanyak 5 helai.

  • Cara Pembuatan : dibuat infus, diseduh atau dipipis
  • Cara Pemakaian : diminum 1 kali sehari 100 ml, lakukan rutin tiap hari sampai sembuh.


Ramuan Untuk Wasir :

  • Ambil daun andong yang masih segar sebanyak 3 helai, daun wungu segar 7 helai, air matang secukupnya, kemudian dipipis. Aturan pemakaian dengan cara di minum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum ¼ cangkir, pengobatan biasa di lakukan selama 14 hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar